Daftar Lima Reksa Dana Pasar Uang Return Tertinggi dalam Setahun

investasi saham reksa dana pasar uang return tertinggi

Reksa dana pasar uang merupakan rekomendasi paling sesuai bagi investor pemula yang baru mencoba terjun dalam dunia investasi. Sebab, jenis reksa dana ini menempatkan aset investasinya hanya pada instrumen pasar uang atau surat berharga yang jatuh temponya di bawah 1 tahun dan memberikan bunga atau kupon seperti deposito dan obligasi.

Adanya penempatan pada deposito dan obligasi jangka pendek tersebut membuat reksa dana pasar uang menjadi paling likuid dan memiliki tingkat risiko minim. Selain itu reksa dana pasar uang mampu memberikan imbal hasil di atas suku bunga deposito karena menempatkan dananya di obligasi jangka pendek.


Ditambah lagi, reksa dana pasar uang memperoleh insentif pajak atas imbal hasil investasi yang diperoleh. Hal inilah yang membuat reksa dana pasar uang menjadi pilihan investasi yang menarik bagi pemula.

Dalam setahun terakhir, indeks reksa dana pasar uang tercatat tumbuh 4,2 persen. Tidak berbeda, indeks reksa dana pasar uang syariah mencatatkan pertumbuhan 4,21 persen (per 08 Februari 2018).

Pada marketplace Bareksa, lima besar reksa dana pasar uang bahkan telah memberikan imbal hasil kisaran 6,35 – 7,75 persen dalam setahun terakhir (per 08 Februari 2018).

Daftar Lima Reksa Dana Pasar Uang Return Tertingi Setahun

NO Rekasadana Beli Jenis 1Th (%)
01 Sucorinvest Money Market Found Pasar Uang 7.75
02 Syailendra Dana Kas Pasar Uang 6.85
03 Maybank Dana Pasar Uang Pasar Uang 6.50
04 Capital Money Market Fund Pasar Uang 6.50
05 BNI-AM Dana Pasar Uang Kemilau Pasar Uang 6.35

Posisi pertama diraih reksa dana Sucorinvest Money Market Fund yang mencetak return tertinggi hingga 7,75 persen setahun. Adapun sepanjang Januari 2018 lalu, reksa dana kelolaan PT Sucor Asset Management ini membukukan kinerja positif 0,53 persen. Angka itu di atas benchmark atau indeks reksa dana pasar uang yang tumbuh 0,34 persen.

keuntungan-investasi-saham- reksadana

Kinerja reksa dana ini didorong oleh kenaikan indeks obligasi korporasi 0,96 persen seiring dengan kenaikan suku bunga deposito berjangka domestik. Hal ini turut memberikan dorongan terhadap pertumbuhan return reksa dana.

Berdasarkan fund fact sheet periode Januari 2018, Sucorinvest Money Market Fund mengalokasikan asetnya 78,02 persen pada deposito berjangka dan setara kas, serta 21,98 persen pada efek obligasi jangka pendek (jatuh tempo di bawah 1 tahun).

Adapun 5 efek dengan alokasi terbesar dari portofolio reksa dana terdiri dari ;

  • deposito berjangka PT Bank Bukopin Tbk,
  • deposito berjangka PT Bank Mayapada International Tbk,
  • deposito berjangka PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk,
  • deposito berjangka PT BPD Jawa Tengah,
  • deposito berjangka PT BPD Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

Ke depannya, Sucor AM memiliki pandangan bahwa pasar obligasi domestik masih konstruktif dengan potensi arus dana masuk dari investor asing di tengah membaiknya makroekonomi dalam negeri, tingkat inflasi yang terkendali, serta dukungan yang kuat dari investor domestik. Hal ini turut memberikan potensi kinerja yang lebih baik lagi.

Adapun reksa dana pasar uang kelolaan Sucor AM, yakni Sucorinvest Money Market Fund dapat menjadi alternatif investasi untuk memperoleh tingkat pendapatan yang stabil serta menjaga kestabilan likuiditas dengan tingkat risiko yang relatif rendah.

Reksa dana ini dapat menjadi pilihan investasi di pasar keuangan bagi investor pemula, yang cenderung ingin aman dan belum siap menerima fluktuasi pasar keuangan yang tinggi.