Pilih Investasi Obligasi Atau Reksadana Pendapatan Tetap ?

keuntungan investasi obligasi – reksadana pendapatan tetap

Pilih Investasi Obligasi Atau Reksadana Pendapatan Tetap ?

OBLIGASI Merupakan surat utang yang di terbitkan oleh Pemerintah BUMN atau perusahaan Swasta dimana surat utang ini merupakan bukti utang kepada investor dan penerbit, obligasi akan membayarkan kupon secara berkala kepada investor dan pada saat jatuh tempo akan melunasi utangnya.

Sementara,

REKSADANA PENDAPATAN TETAP adalah Reksadana yang mayoritas dana di investasikan di obligasi-obligasi oleh manajer investasi ( penempatan dana di obligasi Pemerintah BUMN dan swasta )

Jika Investor melakukan investasi langsung pada Obligasi , Investor di tuntut untuk memiliki keahlian dan kejelian dalam memilih mana obligasi-obligasi yang murah dan layak untuk di beli. satu sisi investor juga harus menyiapkan dana investasi yg relatif besar,

Sedangkan Investor pada Rekdanana pendapatan tetap, manajer investasilah yang akan memilihkan penempatan dana di obligasi-obligasi tertentu. dimana Manajer investasi sudah memiliki pengalaman-pengalaman dan profesional dalam berinvestasi. Dan di Reksadana Pendapatan tetap nominal yang di investasikan relatif terjangkau.


Berapakah minimum dana untuk membeli langsung obligasi dan Reksadana Pendapatan Tetap ??

Untuk Obligasi Pemerintah yang dikenal dengan nama ORI ( Obligasi Ritel Indonesia ) dibutuhkan dana minimum Rp5jt dan kelipatannya ( Harus dipesan pada saat penawaran perdana ), Namun untuk obligasi pemerintah lainnya non ritel dan Obligasi swasta dana yang dibutuhkan untuk berinvestasi bisa puluhan atau ratusah juta Rupiah.

Namun Untuk Reksadana Pendapatan Tetap di bebrapa Reksadana bahkan dengan nominal Rp100.000 saja sudah dapat melakukan investasi di reksadana.

Apakah Nasabah akan mendapatkan laporan aset investasinya ?

Baik di Obligasi dan Reksadana pendapatan tetap, nasabah atau investor akan mendapatkan laporan hasil investasinya tiap bulan, misalkan Investor membeli melalui Bank baik membeli obligasi maupun reksadana tetap. Secara berkala setiap bulan Bank akan menunjukkan laporan Konsolidasi, dimana di laporan konsolidasi bulanan akan mencakup laporan terkait dengan rekening investasi nasabah atau investor.
Dari bulan ke bulan nasabah bisa melihat perbandingan seberapa tinggi atau sebarapa baik investasi yang dimilikinya.

demikianlah perbandingan sederhana Investasi Obligasi atau Reksadana Pendapatan Tetap.

keuntungan-investasi-saham- reksadana