Tips Memulai Bisnis dan Pentingnya Konsep Perencanaan Bisnis

Tips Memulai Bisnis dan Pentingnya Konsep Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis sangat penting bagi para wirausaha dan orang-orang yang terlibat di dalam dunia bisnis karena beberapa pertimbangan berikut :

  • Meningkatkan peluang untuk sukses
  • Mengembangkan misi bisnis
  • Menentukan pesaing utama
  • Menentukan cara yang benar dalam mengelola bisnis
  • Menentukan penghalang dalam bisnis
  • Sebagai alat pencapaian

Dasar-Dasar Dalam Perencanaan Bisnis

Ketika kita akan melangkah untuk terjun di dalam bisnis, yang terbentang dalam benak pikiran kita adalah betapa banyak keputusan kecil yang harus dibuat dan betapa banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk menjadi seorang pebisnis yang tangguh atau pengusaha yang sukses. Pola pikir semacam ini akan membebani gerak langkah kita sebelum kita memulai berbisnis.

Hindarkan beban pikiran semacam ini, namun kita hendaknya langsung melakukannya selangkah demi selangkah, dengan demikian kita bisa cermat dalam menimbang seluruh pilihan yang jumlahnya begitu banyak untuk dipilah kemudian dituangkan ke dalam sebuah perencanaan bisnis.

Perencanaan Bisnis Sebagai ALat Manajemen

Sebuah perencanaan bisnis bisa dijadikan suatu alat menejemen yang sangat berharga, dengan menjadikan sebagai pedoman atau panduan untuk menjalankan bisnis yang kita geluti. Sebab, perencanaan itu telah memaksa kita untuk melakukan pekerjaan rumah dengan mencurahkan semua kemampuan pikiran kita terhadap setiap area yang berhubungan dengan perusahaan kita, mulai dari struktur perusahaan, operasional, barang atau jasa yang akan diproduksi, pemasaran yang kompetitif hingga prospek masa depan
perusahaan.

Kita dituntut untuk meneliti berbagai faktor dan fungsiyang ada pada perusahaan di mana sebelumnya kita telah menuangkannya ke dalam sebuah perencanaan bisnis. Karena itu, sebuah perencanaan bisnis sebagai sebuah alat manajemen bagi organisasi bisnis dalam menjalankan mekanisme kerjanya setidak-tidaknya memenuhi beberapa hal sebagai berikut :

  • Ada perencanaan yang dijalankan
  • Penemuan perencanaan
  • Mematangkan filosofi hidup
  • Mengembangkan visi strategis
  • Mengidentifikasi peningkatan
  • Mencegah kekacauan
  • Menghindari kesalahpahaman

Perencanaan Bisnis dan Posisi Bisnis Kita di Pasar

Setelah kita memahami target pasar kita, kita bisa mulai dengan menjelaskan bagaimana kita akan menjangkau target ini, dan pesan apa yang akan kita gunakan untuk mendapatkan pertimbangan ko
sumen agar membelanjakan uangnya pada bisnis kita. Dengan kata lain, kita harus menjelaskan rencana perusahaan kita,
sebagai contoh;

dua rumah makan di mana masing-masing pemiliknya menggunakan pendekatan dengan cara

yang sangat berbeda untuk menarik konsumen. Seseorang boleh saja memutuskan bahwa
rumah makan yang didirikan untuk skala atas dengan kesan yang eksklusif, sedangkan lainnya juga boleh memutuskan bahwa konsumen yang dibidik adalah orang-orang yang menyukai suasana yang terkesan lebih formal dan beranggapan melakukan aktivitas makan malam seperti di rumahnya sendiri. Sebagai tambahan terhadap analisa yang kita lakukan terhadap konsumen kita dan apa yang mereka inginkan, maka strategi pemasaran kita setidak-tidak nya melibatkan empat komponen, sebagai berikut:
  1. Apa saja produk atau jasa kita ?
  2. Mengapa konsumen menginginkan produk atau jasa kita ?
  3. Apa yang spesial dari produk atau jasa kita ?
  4. Mengapa produk atau jasa kita dinilai lebih baik dari pada produk atau
    jasa yang serupa yang ada di pasar ?

Dalam perencanaan bisnis yang (akan dan atau sudah) kita tulis, hendaknya memasukkan potensi pasar dan berbagai hal yang berkenaan dengannya: apa yang dimaksud dengan pasar, seberapa besar pasar tersebut, siapa saja pemain utamanya, serta bagaimana pertumbuhan dan perkembangan pasar tersebut. Untuk mendapatkan dan memberikan semua informasi ini secara detail, kita ditutuntut harus terbiasa dengan dinamika pasar yang sangat atraktif dan kompetitif. Bila kita tidak terjun langsung dalam kedinamikaan
pasar, maka kita harus mempunyai informan atau mencari jasa konsultan untuk menjelaskannya kepada kita.

PENTINGNYA ANALISIS PASAR

Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa potensi pasar memegang peran penting bagi kesuksesan serta pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Sebuah organisasi bisnis yang menguasai pasar bisa dipastikan ia akan menuai banyak kesuksesan dari berbagai sudut pandang. Karena itu, organisasi bisnis dituntut melakukan riset dan analisa pasar.

Riset dan analisis pasar sangat vital, dan nilai vitalnya terhadap perencanaan bisnis akan semakin menguatkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Betapa penting keberadaan pasar bagi kesuksesan yang diraih perusahan dalam mengembangkan pertumbuhan bisnis yang digeluti. Karena itu, para pebisnis atau wirausaha dituntut selalu bisa berhubungan setiap hari dengan pasar. Bagaimana bisnis kita bisa berhubungan dengan pasar setiap hari? Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk selalu berhubungan dengan pasar:

  • membaca media cetak
  • Internet
  • Beradaptasi
  • Berpartisipasi
  • Berkunjung dan bertemu

BAGAIMANA PASAR DITELITI ?

Seseorang yang ingin terjun di dunia bisnis dituntut memiliki gagasan atau ide bisnis yang brilian dan menyiapkan diri untuk selalu meneliti pasar, karena ide bisnis dan pasar saling berkaitan erat dan tidak bisa dipisahkan. Punya ide besar dan bernilai ”emas” belum tentu bisa diimplementasikan datau diterapkan di dalam pasar. Ide besar yang muncul dalam benak pebisnis atau wirausaha harus disesuaikan dalam   perkembangan pasar yang semakin hari semakin kompetitif dan atraktif. Pebisnis ulung tidak hanya berkutat cara menjalankan sebuah bisnis semata, melainkan berupaya menentukan bagaimana  menghasilkan pendapatan untuk membayar gajinya dirinya sendiri yang layak, para karyawan, kebutuhan dari usaha yang dijalankan, dll, serta membangun sebuah bisnis yang sehat untuk jangka waktu yang lama. Karena itu, diperlukan selalu melakukan penelitian pasar, dan penelitian pasar harus mengkaji bidang-bidang sebagaiberikut:

<| Gambaran Pasar Tempat Bersaing

Pasar memegang peran penting bagi kesuksesan sebuah usaha, dan di dalam pasar ini terjadi persaingan yang sangat ketat antara usaha yang satu dengan usaha yang lainnya, antara produk yang satu dengan produk yang lainnya, antar sesama produk, dan persaingan lainnya. Bagaimana kita bisa mengetahui gambaran pasar sebagai tempat kita bersaing dalam memperkenalkan dan menjual produk atau jasa yang kita tawarkan ? Ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan dan pahami untuk mengetahuinya:

  • keseluruhan pasar
  • perubahan dalam pasar
  • segmen pasar
  • target pasar dan konsumen
  • karakteristik konsumen
  • kebutuhan konsumen

<| RENCANA DAN RAMALAN PENJUALAN

Proses penjualan adalah sebuah upaya yang dilakukan mulai dari proses membuat produk dan jasa yang diperkenalkan dan sekaligus dijual kepada konsumen. Proses penjualan ini terkadang dilaksanakan secara langsung dan terkadang dilakukan melalui pihak ketiga. Kita tidak perlu tahu sosok atau figur siapa yang menangani masalah ini, yang pasti proses penjualan dengan keberhasilan yang diraih dengan baik dan tepat sasaran merupakan tulang punggung dari rencana keuangan kita. Di sini, kita akan membahas bagaimana rencana penjualan bisa efektif dan efisien dan bagaimana cara yang terbaik dalam melakukan komunikasi melalui perencanaan bisnis kita. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh kita yang berharap menjadi pebisnis atau wirausaha tangguh dan tahan banting, yang berkenaan dengan rencana penjualan bisnis yang kita jalankan.

  • menjual sendiri
  • jaringan
  • menguraikan asumsi
  • mempertimbangkan jangkauan pemasaran

Menjual sendiri ; Kita berupaya menjelaskan bagaimana kita akan menjual produk dan jasa yang kita miliki kepada konsumen tetap dan yang baru. Dan kepada target pendengan kita, kita akan memperlihatkan beberapa macam ramalan pencapaian yang berdasarkan pada realita yang ada atau asumsi. Peramalan ini akan menjadi acuan laporan keuangan kita. Semakin banyak informasi yang kita miliki, semakin mungkin ramalan penjualan kita memenuhi pada target yang ingin kita capai, dan usaha kita akan mulai baik atau menjadi pemain didalam pasar untuk sekali waktu.

Jaringan ;  Merupakan salah satu cara terpenting bagi kita dalam memperkenalkan atau mengirim produk atau jasa milik kita kepada pasar. Dan untuk mengandalkan jenis usaha yang kita miliki, kita perlu mempunyai satu jaringan atau bahkan beberapa jaringan dan itu lebih baik.

Menguraikan asumsi ; Harus jelas kriteria yang berdasarkan pada ramalan penjualan kita. Sebagai contoh, jika kita sedang berasumsi bahwa kita akan mengenal baik para tenaga penjualan dan karyawan sebagai tulang punggung peningkatan penjualan produk atau jasa kita, maka hal ini dijelaskan dengan disertai
argumentsi yang rasional.

Memperimbangkan jangkauan pemasaran ; Memperluas usaha pemasaran kita akan mempunyai dampak pada ramalan penjualan kita, banyaknya terget yang kita ingin capai harus diantisipasi dan dipertimbangkan apakah kita benar-benar bisa menjangkau pemasarannya. Setelah kita mempertimbangkannya, kita dapat
memulai menentukan berapa banyak target yang harus kita capai dan strategi pemasaran apa yang harus
kita gunakan ?


MEMULAI MEMBUAT RENCANA

Ketika kita menentukan perencanaan bisnis sebagai alat yang dipergunakan untuk perusahaan kita, yang terpikir dalam benak pikiran kita, ”Dari mana saya memulai?”, pada mulanya kita akan menemukan kesulitan yang ”luar biasa”, tetapi kita harus memulainya dengan yang gampang – gampang dahulu dengan menekankan ketelatenan dan keseriusan pada diri kita serta memompa semangat dan keyakinan bahwa kita harus bisa menulis perencanaan bisnis sebagai mana yang kita inginkan.

Proses penulisan perencanaan bisnis memerlukan informasi yang terperinci hampir pada masing – masing aspek dari bisnis kita yang mencakup industri, produk atau jasa pasar, operasional,personil, dan lain-lain. Proses perencanaan bisnis memerlukan lima langkah pokok,sebagai berikut:

  • Mempersiapkan konsep dasar dari bisnis kita.
  • Mengumpulkan data berdasarkan kelayakan dan spesifikasi untuk konsep kita.
  • Memfokuskan dan menyaring konsep kita berdasarkan pada data yang kita susun.
  • Menguraikan spesifikasi bisnis kita,
  • Meletakkan perencanaan bisnis kita di dalam format yang baku.

Perlu dipahami terutama oleh pebisnis atau wirausaha pemula bahwa mengembangkan perencanaan bisnis merupakan suatu proyek bisnis yang jauh lebih pening dari pada hanya sekedar menulis perencanaan saja.
Hal ini termasuk proses pengembangan diri bukan hanya dokumen yang diproduksi secara positif dapat mempengaruhi kesuksesan pada bisnis kita.

tips-memulai-bisnis-sukses